Skip to main content

Bupati BU Ikuti Rakor Penandatanganan Pernyataan Komitmen Puja Indah

BENGKULU UTARA.TEROPONGPUBLIK.CO.ID>><< Bupati Bengkulu Utara Ir H Mian didampingi Asisten II Setdakab BU, Kepala Bapendalitbang BU dan Staf Kasubbid Bapendalitbang BU menghadiri Rapat Koordinasi bersama Badan Litbang Kemendagri terkait Penandatanganan Pernyataan Komitmen Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah), melalui zoom virtual meeting, Jumat (26/11/2021).

Rapat yang dihadiri oleh seluruh kepala daerah, provinsi, kabupaten/kota di Indonesiaa ini mendengar langsung arahan Kepala Badan Litbang Kemendagri, Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si.

Beliau menjelaskan, Pendatanganan Pernyataan Komitmen Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah) ini bertujuan mendorong percepatan ketertinggalan pembangunan sebuah daerah dengan melakukan percepatan pembangunannya dengan menggunakan sistem informasi, berupa aplikasi sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas serta saling integrasi secara nasional.

“Inovasi yang dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri dilaksanakan dengan membangun Pusat Jejaring Inovasi Dearah (Puja Indah) yang akan menjadi poros inovasi pemerintahan Kabinet Kerja Republik Indonesia berbasis kepentingan seluruh Rakyat, dengan memodifikasi bersama oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota,” katanya.

Lebih lanjut, disampaikan Kepala Badan Litbang Kemendagri Drs. Agus Fatoni, perangkat daerah yang melaksanakan Fungsi Kelitbangan dengan Layanan yang tersedia pada Puja Indah akan  terkoneksi secara langsung pada aplikasi Puja Indah.

Puja Indah memiliki fitur Layanan Trantibunlinmas yakni Layanan Penyampaian Keluhan Masyarakat yang berbentuk seperti Informasi Hukum Daerah, Infomasi Bencana Alam yang dikelola Dinas/Badan, Kasatpol, dan BPBD, selanjutnya Layanan Aspirasi, penyampaian masyarakat kepada anggota DPRD dan eksekutif yang dikelola terintegrasi oleh Sekwan, Sekda dan perangkat daerah.

“Pada saat ini terdapat 13 Layanan yang tersedia pada aplikasi Puja Indah seperti layanan fokus pada, Kesehatan, Pendidikan, Ketenagakerjaan, Kependudukan, Komoditas Aspirasi, Trantibun, Pekerjaan Umum, Administrasi Pemerintahan Sosial, Perhubungan, Pariwisata dan Layanan tematik E- ternak,” ungkapnya.