Skip to main content

Nikah Gratis Kembali di Gelar Pemkot Bengkulu

WaKIL Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi,melaksanakan kegiatan nikah balai atau nikah massal bagi warga kota Bengkulu yang tidak mampu di Pemkot Bengkulu.Senin 16/01/2023 ( Foto : Istimewa)

KOTA BENGKULU.TEROPONGPUBLIK.CO.ID >><< Program Nikah Balai gratis tahun 2023 akan kembali digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB).

Dikatakan Kepala Dinas DP3AP2KB melalui Kabid Kualitas Hidup Perempuan, Pemenuhan Hak Anak dan Pemberdayaan Mayarakat Afriyenita. Tahun 2023 ini DP3AP2KB kembali akan melaksanakan kegiatan nikah balai atau nikah massal bagi warga kota Bengkulu yang tidak mampu yang bekerjasama dengan Gabungan Organisasi Wanita (GOW).

“Pemkot Bengkulu masih konsen dengan visi dan misinya menghadirkan Kota Bengkulu religius dan bahagia, untuk itu kita akan melaksanakan kegiatan nikah balai atau nikah massal bagi warga kota Bengkulu yang tidak mampu,” ungkapnya, Senin (16/1/23).

Rencananya kegiatan nikah balai tersebut akan dilaksanakan pasca hari raya Idul Fitri mengingat bulan tersebut merupakan bulan baik dalam melaksanakan ikatan pernikahan.

“Sejauh ini hal-hal yang dipersiapkan dalam perencanaan kegiatan tersebut adalah menganggarkan pada anggaran tahun 2023, melakukan penjaringan melalui kecamatan se-kota Bengkulu dan melalui Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan se-kota Bengkulu,” tuturnya. (MCKB)

Adapun syarat dan ketentuan nikah balai/ masal Pemkot tahun 2023 :

1. Calon pengantin merupakan warga Kota Bengkulu (Dibuktikan dengan KTP).

2. Ke dua mempelai calon pengantin berasal dari keluarga tak mampu (Dibuktikan dengan surat rekomendasi kecamatan dan surat keterangan tidak mampu).

3. Semua data dan syarat dalam pelaksanaan penikahan di sampaikan kepada camat setempat untuk di sampaikan ke KUA dan Dinas DP3AP2KB.

4. Calon pengantin tidak dalam ikatan pernikahan sirih (masih bujang/gadis, janda duda yang sudah punya akta cerai).

5. Kegiatan nikah balai/nikah masal benar-benar kegiatan yang menikahkan pasangan calon pengantin atau bukan pengesahan pasangan yang nikah sirih dan bukan untuk pasangan yang ingin menerbitkan buku akta nikah yang hilang.

6. Nikah balai akan di tanggung oleh pemerintah seperi mas kawin, biaya nikah di KUA dan akan diadakan resepsi di hotel dengan pakaian adat bengkulu.

 Penulis : herdianson

Editor : Adi Saputra