Skip to main content

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah Memperkenalkan Buku Terbarunya, 'Bengkulu Hebat'

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah Memperkenalkan Buku Terbarunya, 'Bengkulu Hebat'di Kantor Graha Pena RBTV.Minggu (19/11)(ft : Herdianson teropongpublik.co.id )

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, menggelar peluncuran buku terbarunya yang berjudul 'Bengkulu Hebat' di Kantor Graha Pena RBTV Bengkulu pada hari Sabtu, 18 November lalu. Buku yang menjadi karya tulis ke-10 dari Gubernur Rohidin ini mengangkat ragam keunggulan budaya Bengkulu dan mendalami sejarah serta keistimewaan wilayahnya.

Dalam buku yang ditulis sejak setahun yang lalu ini, Gubernur Rohidin menjelajahi kekayaan budaya Bengkulu, termasuk di antaranya kain besurek yang merupakan salah satu keistimewaan di daerah ini. Buku ini juga membahas letak strategis wilayah Bengkulu sejak zaman penjajahan Inggris serta mengulas tentang tokoh-tokoh yang berperan penting dalam membangun provinsi ini.

Gubernur Rohidin Mersyah mengungkapkan bahwa proses pembuatan buku ini dimulai sejak satu tahun lalu dengan perencanaan yang matang. "Saya mulai membuat outlinenya, tentang tema, kerangka pemikiran, dan tulisan. Alhamdulillah, buku itu selesai pada tahun lalu (2022), namun baru selesai dicetak di akhir tahun ini," papar Gubernur Rohidin.

Pemicu dari minat Gubernur Rohidin untuk menulis tentang Bengkulu berasal dari masa kuliahnya dan pengalaman sebagai Ketua Senat pertemuan seluruh senat se Indonesia. "Daerah saya punya keunggulan. Saya bandingkan dengan daerah lain, saya melihat benteng Marlborough, alamnya, semuanya lebih bagus di Bengkulu. Saya terpikir untuk diangkat dalam bentuk tulisan yang harus dipertanggungjawabkan," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, Meri Sasdi, mengumumkan bahwa buku 'Bengkulu Hebat' kini sudah tersedia di Perpustakaan Provinsi Bengkulu untuk diakses oleh masyarakat setempat.

"Masyarakat Bengkulu sudah bisa menikmati dan membaca buku 'Bengkulu Hebat' langsung di Perpusda Provinsi Bengkulu," tutup Meri Sasdi.

Buku ini menjadi sumber pengetahuan yang penting untuk lebih mengenal keberagaman dan keunggulan Provinsi Bengkulu serta menjadi bahan bacaan yang bermanfaat bagi masyarakat setempat maupun para pengunjung yang ingin mendalami lebih dalam tentang keistimewaan daerah ini.